Total Tayangan Halaman

Selasa, 08 Maret 2016

MEMAHAMI PERKEMBANGAN DAN PEMANFAATAN KOMPUTER


MEMAHAMI PERKEMBANGAN DAN PEMANFAATAN KOMPUTER

     A.      PERKEMBANGAN KOMPUTER
Dalam pengertian dasarnya komputer adalah menghitung. Sebelum terlahirnya komputer pertama alat hitung yg digunakan adalah sempoa dan kalkulator mekanik, karena ingin lebih cepat dalam melakukan perhitungan maka di buatlah alat hitung berbasis elekronik yaitu komputer.
Jadi sejarah awal mula diciptakannya komputer adalah untuk mempercepat perhitungan, Namun jangan beranggapan bahwa komputer pertama sama dengan sekarang, Komputer yang kita gunakan sekarang adalah hasil panjang dari evolusi penemuan sejak dahulu. Adapun Sejarah perkembangan komputer yaitu :
      a.       Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Karena terjadinya perang dunia ke Dua membuat perkembangan komputer pertama ini menjadi cepat sebab meningkatnya pendanaan untuk biaya riset atau penelitian. Pengembangan ni bertujuan untuk mengeksploit potensi stategis yang dimiliki komputer agar dapat digunakan untk membuat strategi perang dan mencuri informasi dari musuh. Saat itu ukuran komputer sangatlah besar yaitu dengan luas 7,45 kaki x 50 kaki dan memiliki bobot sekitar 35 ton. Hasil dari penelitian pertama ini didapat beberapa komputer diantaranya:
      1.      Colassus
      2.      Mark 1
      3.      ENIAC
      4.      EDVAC
      5.      UNIVACI
Ciri dari generasi pertama adalah
     1.      Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
     2.      Adanya silinder magnetik untk penyimpanan data.
     3.      Instruksi operasi dibuat secara spesifik untk suatu tugas tertentu.
     4.      Setiap komputer memiliki program kode biner berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language) hal in menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. 
    b.      Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kedua(1959 – 1964)
Mesin pertama yg memanfaatkan teknologi baru ni adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer komputer ni,yang dikembangkan utuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengn bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yg menggunakan singkatan singakatan utuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960 an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yg sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yg sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen komponen yg dapat diasosiasikan dngn komputer pada saat kini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Ciriciri komputer pada generasi kedua:
      1.      Penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih kecil.
     2.      Adanya pengembangan memori inti magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang  lebh kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding para pendahulunya.
     3.      Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly.
     4.      Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN.  
     c.       Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yg kita kenal dngan komputer sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal. Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan. Pertama munculnya minicomputer yg didasarkan pada kedua transistor dan microchips seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebh kecil dan lebih murah daripada generasigenerasi sebelumnya. Komputer Generasi Ketiga dikenal sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.
Ciriciri komputer pada generasi ketiga:
      1.      Penggunaan IC (Intregrated Circuit).
      2.      Ukuran komputer menjadi lebih kecil.
      3.      Ditemukannya Sistem Operasi.
     d.      Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980 an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Pada pertengahan tahun 1970 an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980 an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Ciriciri komputer pada generasi keempat:
     1.      Digunakannya LSI, VLSI, ULSI.
     2.      Digunakannya mikroprosesor. 
     e .       Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence atau disebut dengan AI. Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan penggunanya. Masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum terlalu banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang. Komponen elektronikanya menggunakan bentuk yang paling baru dari chip VLSI. Programnya dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan bahasa LISP (List Processor) Difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence atau Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan berbagai tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak.

     B.      CARA SEHAT MENGGUNAKAN KOMPUTER
Beberapa Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat yaitu :
     1.      Ciptakan lingkungan yang bersih, rapi dan tenang
Fator lingkungan sangat penting dan sangat menunjang supaya kegiatan berkomputer Anda terasa nyaman dan tidak terganggu. Jika lingkungan Anda bersih, rapi dan tenang, maka secara otomatis Anda juga lebih tenang dan rileks dalam melakukan pekerjaan didepan komputer. Dan dapat Anda bayangkan jika lingkungan Anda berserakan kertas-kertas serta suara-suara yang bising, bisa dipastikan pekerjaan Anda akan sangat terganggu karena faktor lingkungan sangat berpengaruh dengan kenyamanan dan kesehatan.
      2.      Perhatikan posisi duduk
Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer adalah dengan menegakkan punggung anda sehingga kepala dan leher sejajar dengan tubuh, bukan membungkuk, ataupun miring.
      3.      Perhatikan posisi monitor
Posisi Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata sehingga memudahkan Anda untuk berhadapan secara langsung dengan monitor komputer Anda, hindari melihat layar dengan kepala berpaling atau yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk Anda. Berikut beberapa tips agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.
      -          Atur posisi sehingga jarak Anda dan monitor berkisar 45 – 70 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
      -          Atur tinggi monitor hingga berada sedikit dibawah mata kita, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.
      -          Usahakan posisi monitor sejajar dengan mata.
-    Jika komputer Anda masih menggunakan Monitor CRT (tabung), maka memasang filter pada layar monitor perlu dipertimbangkan untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari monitor, karena Monitor CRT masih memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan LCD atau bahkan LED monitor maka Anda tidak perlu memakai filter pada layar monitor Anda, karena Monitor LCD/LED sudah memiliki filter radiasi hingga mendekati 0% (nol).
      -          Jagalah agar kondisi layar monitor Anda tetap bersih dari debu.
 4.      Posisi mouse dan kerboard yang mudah dijangkau
Menempatkan keyboard dan mouse ditempat yang susah dijangkau hanya akan membuat Anda susah, apalagi jika Anda harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini akan memperlambat Anda dalam bekerja. Agar proses megetik Anda lebih nyaman, silahkan simak beberapa tips berikut.
      -          Letakkan Mouse dan Keyboard tidak jauh dari tangan Anda sehingga mudah dijangkau dan lengan Anda dapat lebih rileks.
      -          Letakkan Mouse tidak jauh dari Keyboard.
      -         Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika Anda menggunaan rak keyboard yang bisa diatur ketinggiannya, itu lebih dianjurkan agar posisi keyboard dapat menyesuaikan dengan tangan Anda.
     -       Posisikan Keyboard lebih rendah sedikit dari ketinggian meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk menaikkan ketinggian kursi Anda tetapi cegahlah jangan sampai kaki Anda tergantung, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan sandaran kaki.
      -          Peganglah Mouse dengan santai dan rileks.
      5.      Istirahatlah secara periodik
Sangat tidak dianjurkan menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat sedikitpun, karena hal ini dapat mengakibatkan badan Anda terasa pegal-pegal dan nyeri pada punggung. Untuk meringankan hal tersebut, maka lakukanlah istirahat secara periodik dalam menggunakan komputer. Berikut beberapa gerakan yang dapat mengurangi pegal-pegal dan menambah kenyamanan Anda dalam mengoperasikan komputer.
      -        Warm Up (Pemanasan) – Sebelum melakukan stretching (peregangan otot), ada baiknya jika Anda mulai dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu duduk di kursi sembari meregangkan jemari-jemari Anda. Buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki Anda, kemudian lanjutkan dengan peregangan leher dengan menariknya ke arah dada anda.
      -          Kepalkan tangan dengan kuat lalu lepaskan, ulangi sebanyak 3x.
      -         Gerakkan kepala kekiri dan kekanan secara perlahan jika sudah selesai lanjutkan dengan menggerakkan kepala keatas dan kebawah. Ingat, lakukan secara perlahan.
     -          Mengistirahatkan Mata – Bekerja di depan monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan sering berkedip sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering dan mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar komputer selama beberapa saat. Bisa juga dengan keluar dari ruang komputer Anda, lalu lihat tanaman yang berwarna hijau.
 
  C.      PERANGKAT KOMPUTER DAN CARA MEMANFAATKANNYA
Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian paling utama, yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (Hardware).
      a.       Perangkat Lunak (software)
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
      1.      Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
     2.      Sistem Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
     b.      Perangkat Keras (Hardware) 
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
      1.      Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
      2.      Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
      3.      Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
      4.      Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
      5.      RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.
      6.      CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.
      7.      Konektor Casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.
      8.      Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
      9.      Power Supply
Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
      10.  Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
      11.  Kipas (Pendingin)
Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer.

DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar