MEMAHAMI
PERKEMBANGAN DAN PEMANFAATAN KOMPUTER
A. PERKEMBANGAN
KOMPUTER
Dalam
pengertian dasarnya komputer adalah menghitung. Sebelum terlahirnya komputer
pertama alat hitung yg digunakan adalah sempoa dan kalkulator mekanik, karena
ingin lebih cepat dalam melakukan perhitungan maka di buatlah alat hitung
berbasis elekronik yaitu komputer.
Jadi
sejarah awal mula diciptakannya komputer adalah untuk mempercepat perhitungan,
Namun jangan beranggapan bahwa komputer pertama sama dengan sekarang, Komputer
yang kita gunakan sekarang adalah hasil panjang dari evolusi penemuan sejak
dahulu. Adapun Sejarah perkembangan komputer yaitu :
a. Sejarah
Perkembangan Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Karena
terjadinya perang dunia ke Dua membuat perkembangan komputer pertama ini
menjadi cepat sebab meningkatnya pendanaan untuk biaya riset atau penelitian.
Pengembangan ni bertujuan untuk mengeksploit potensi stategis yang dimiliki
komputer agar dapat digunakan untk membuat strategi perang dan mencuri
informasi dari musuh. Saat itu ukuran komputer sangatlah besar yaitu dengan
luas 7,45 kaki x 50 kaki dan memiliki bobot sekitar 35 ton. Hasil dari
penelitian pertama ini didapat beberapa komputer diantaranya:
1. Colassus
2. Mark
1
3. ENIAC
4. EDVAC
5. UNIVACI
Ciri
dari generasi pertama adalah
1. Penggunaan
tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
2. Adanya
silinder magnetik untk penyimpanan data.
3. Instruksi
operasi dibuat secara spesifik untk suatu tugas tertentu.
4. Setiap
komputer memiliki program kode biner berbeda yang disebut “bahasa mesin”
(machine language) hal in menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan
membatasi kecepatannya.
b. Sejarah
Perkembangan Komputer Generasi Kedua(1959 – 1964)
Mesin
pertama yg memanfaatkan teknologi baru ni adalah superkomputer. IBM membuat
superkomputer bernama Stretch, dan Sprery Rand membuat komputer bernama LARC.
Komputer komputer ni,yang dikembangkan utuk laboratorium energi atom, dapat
menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh
peneliti atom. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengn bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yg menggunakan singkatan singakatan
utuk menggantikan kode biner.
Pada
awal 1960 an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yg sukses di bidang
bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yg sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen komponen yg dapat diasosiasikan dngn komputer pada saat kini: printer,
penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Ciri‑ciri komputer pada
generasi kedua:
1. Penggunaan
transistor sehingga ukurannya lebih kecil.
2. Adanya
pengembangan memori inti magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua
yang lebh kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding para
pendahulunya.
3. Penggantian
dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly.
4. Muncul
bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN.
c. Sejarah
Perkembangan Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Penemuan
Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan
untuk komputer generasi ketiga atau yg kita kenal dngan komputer sekarang ini.
Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan
transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal. Dalam
tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan. Pertama
munculnya minicomputer yg didasarkan pada kedua transistor dan microchips
seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebh kecil dan lebih murah daripada
generasigenerasi sebelumnya. Komputer Generasi Ketiga dikenal sebagai mainframe
komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara mainframe dan
microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.
Ciri‑ciri komputer pada
generasi ketiga:
1. Penggunaan
IC (Intregrated Circuit).
2. Ukuran
komputer menjadi lebih kecil.
3. Ditemukannya
Sistem Operasi.
d. Sejarah
Perkembangan Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)
Setelah
IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980 an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra Large Scale
Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk
memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah
keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut
juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Pada
pertengahan tahun 1970 an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka
ke masyarakat umum. Komputer komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan
paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang
paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada
awal 1980 an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada
komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM
memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah,
kantor, dan sekolah.
Pada
masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU:
IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU
buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam
golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan
komputer di tempat kerja, cara cara baru untuk menggali potensial terus
dikembangkan. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk
kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan
perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon,
jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Ciri‑ciri komputer pada
generasi keempat:
1. Digunakannya
LSI, VLSI, ULSI.
2. Digunakannya
mikroprosesor.
e . Sejarah
Perkembangan Komputer Generasi Kelima
Komputer
generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor
elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer
generasi masa depan. Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah
komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence atau disebut dengan AI.
Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan
penggunanya. Masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum terlalu
banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang.
Komponen elektronikanya menggunakan bentuk yang paling baru dari chip VLSI.
Programnya dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan bahasa LISP (List
Processor) Difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence atau Kecerdasan
Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk
melaksanakan berbagai tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook,
ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer
yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya),
tetapi menggunakan otak.
B. CARA
SEHAT MENGGUNAKAN KOMPUTER
Beberapa
Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat yaitu :
1. Ciptakan
lingkungan yang bersih, rapi dan tenang
Fator
lingkungan sangat penting dan sangat menunjang supaya kegiatan berkomputer Anda
terasa nyaman dan tidak terganggu. Jika lingkungan Anda bersih, rapi dan
tenang, maka secara otomatis Anda juga lebih tenang dan rileks dalam melakukan
pekerjaan didepan komputer. Dan dapat Anda bayangkan jika lingkungan Anda
berserakan kertas-kertas serta suara-suara yang bising, bisa dipastikan
pekerjaan Anda akan sangat terganggu karena faktor lingkungan sangat
berpengaruh dengan kenyamanan dan kesehatan.
2. Perhatikan
posisi duduk
Posisi
duduk yang benar saat menggunakan komputer adalah dengan menegakkan punggung
anda sehingga kepala dan leher sejajar dengan tubuh, bukan membungkuk, ataupun
miring.
3. Perhatikan
posisi monitor
Posisi
Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata sehingga memudahkan Anda untuk
berhadapan secara langsung dengan monitor komputer Anda, hindari melihat layar
dengan kepala berpaling atau yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk
Anda. Berikut beberapa tips agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.
-
Atur posisi sehingga jarak Anda dan
monitor berkisar 45 – 70 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
-
Atur tinggi monitor hingga berada
sedikit dibawah mata kita, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan
menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.
-
Usahakan posisi monitor sejajar dengan
mata.
- Jika
komputer Anda masih menggunakan Monitor CRT (tabung), maka memasang filter pada
layar monitor perlu dipertimbangkan untuk menghindari radiasi yang berlebihan
dari monitor, karena Monitor CRT masih memiliki tingkat radiasi yang tinggi.
Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan LCD atau bahkan LED monitor maka Anda
tidak perlu memakai filter pada layar monitor Anda, karena Monitor LCD/LED
sudah memiliki filter radiasi hingga mendekati 0% (nol).
-
Jagalah agar kondisi layar monitor Anda
tetap bersih dari debu.
4. Posisi
mouse dan kerboard yang mudah dijangkau
Menempatkan
keyboard dan mouse ditempat yang susah dijangkau hanya akan membuat Anda susah,
apalagi jika Anda harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini akan
memperlambat Anda dalam bekerja. Agar proses megetik Anda lebih nyaman,
silahkan simak beberapa tips berikut.
-
Letakkan Mouse dan Keyboard tidak jauh
dari tangan Anda sehingga mudah dijangkau dan lengan Anda dapat lebih rileks.
-
Letakkan Mouse tidak jauh dari Keyboard.
- Posisi keyboard usahakan lurus dengan
lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika Anda menggunaan rak keyboard yang
bisa diatur ketinggiannya, itu lebih dianjurkan agar posisi keyboard dapat
menyesuaikan dengan tangan Anda.
- Posisikan Keyboard lebih rendah sedikit
dari ketinggian meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk menaikkan
ketinggian kursi Anda tetapi cegahlah jangan sampai kaki Anda tergantung, jika
memungkinkan Anda bisa menggunakan sandaran kaki.
-
Peganglah Mouse dengan santai dan
rileks.
5. Istirahatlah
secara periodik
Sangat
tidak dianjurkan menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat
sedikitpun, karena hal ini dapat mengakibatkan badan Anda terasa pegal-pegal
dan nyeri pada punggung. Untuk meringankan hal tersebut, maka lakukanlah
istirahat secara periodik dalam menggunakan komputer. Berikut beberapa gerakan
yang dapat mengurangi pegal-pegal dan menambah kenyamanan Anda dalam
mengoperasikan komputer.
- Warm Up (Pemanasan) – Sebelum melakukan
stretching (peregangan otot), ada baiknya jika Anda mulai dengan melakukan
pemanasan terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu duduk di kursi
sembari meregangkan jemari-jemari Anda. Buatlah gerakan melingkar pada
pergelangan tangan dan kaki Anda, kemudian lanjutkan dengan peregangan leher
dengan menariknya ke arah dada anda.
-
Kepalkan tangan dengan kuat lalu
lepaskan, ulangi sebanyak 3x.
- Gerakkan kepala kekiri dan kekanan
secara perlahan jika sudah selesai lanjutkan dengan menggerakkan kepala keatas
dan kebawah. Ingat, lakukan secara perlahan.
- Mengistirahatkan Mata – Bekerja di depan
monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinya dapat
dilakukan dengan sering berkedip sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak
kering dan mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar
komputer selama beberapa saat. Bisa juga dengan keluar dari ruang komputer
Anda, lalu lihat tanaman yang berwarna hijau.
C. PERANGKAT
KOMPUTER DAN CARA MEMANFAATKANNYA
Perangkat
komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian paling utama, yaitu perangkat
lunak (software) dan perangkat keras (Hardware).
a. Perangkat
Lunak (software)
Perangkat
lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital,
termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa
dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer
juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
1. Sistem
operasi
Program
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer.
Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas
sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di
atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi
software.
2. Sistem
Aplikasi
Perangkat
lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan
kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan
pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang
mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung
menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan
pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar
kerja, dan pemutar media.
b. Perangkat
Keras (Hardware)
Perangkat
keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data
yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan
perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras
dalam menyelesaikan tugasnya.
Berikut
adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
1. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
2. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
3. Processor
Processor
disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal
pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi
processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang
direquest pengguna.
4. Motherboard
Motherboard
adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung
seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard
yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama
kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
5. RAM
RAM
(Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk
membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan
2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.
6. CMOS
CMOS
adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya
sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang
fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama
baterai yang memberikan daya masih bagus.
7. Konektor
Casing
Konektor
Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke
motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah
port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.
8. Monitor
Monitor
komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah
televisi.
9. Power
Supply
Sesuai
dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian
komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
10. Harddisk
Harddisk
adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi
piringan magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold
Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan
berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm
(rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini
sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
11. Kipas
(Pendingin)
Kipas
atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah
alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau
menghilangkan panas dari sebuah komputer.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar